Internet sebagai media terpenting kedua
dan telah
menjadi media kedua yang paling sering digunakan (42,5% dari total populasi)
dan waktu yang digunakan (rata-rata 354,2 menit per minggu) diikuti dengan TV
(99,8% dari total populasi, rata-rata 1.782,5 menit setiap minggu) di
Indonesia, dan meningkatnya aksesibilitas serta penyebaran pengguna selular, dan
ini adalah faktor yang turut membantu mempromosikan pentingnya peran Internet
dalam lanskap media di Indonesia.
Dengan perkembangan teknologi sang
semakin berkembang dari hari ke-hari menjadikan lahan ini adalah lahan potensial
untuk diambil peluangnya dan tentu saja menambah lahan pekerjaan dan profesi
baru yang sangat menjanjikan. Perusahaan Nasional dan Multi nasional harus sudah
mulai melirik dunia digital sebagai pasar yang wajib dikelola karena apabila
benar benar di maintance dengan baik exposure yang dihasilkan akan sangat
luar biasa. Contoh kecil dalam kehidupan sehari hari, untuk mendapatkan
informasi kita tinggal mengambil smartphone
dan tentu saja minimal kita harus punya paket kuota dulu untuk dapat meng-aksesnya.
Kita dengan sangat mudah mendapatkan informasi hanya dengan satu genggaman,
sebutlah portal berita digital yang berhasil menjadi leader nya sampai saat ini detik.com, selain itu hadirnya aplikai
aplikasi belanja online,
pesen tiket online serta semakin ketagihannya masyarakat akan social media
menjadikan internet dengan konten digital menjadi pasar yang sangat empuk bagi para
pelaku usaha.
Rata rata
pengguna internet dibagi menjadi dua kelompok usia, yaitu kelompok usia 19-25
tahun dan kelompok umur 31+, dimana kelompok usia ini mendominasi dalam
konsumsi konten berita online, terhitung hampir 70% dari total konsumen konten
digital. Dengan cepatnya akses akan mendapatkan sesuatu ini pun berimbas pada
gaya hidup dan menghasilkan satu suggesti baru kalau tidak dapat info dari online satu hari rasanya ada yang
kurang.
Peluang di dunia
digital ini turut membantu menambah sikap konsumerisme kita menjadi lebih dan
lebih lagi, ironis dan selalu bagai dua sisi mata uang, satu sisi sangat
membantu dan satu sisi lagi jika tidak digunakan dengan bijak bisa menjerumuskan.
Lebih
dari 50% pengguna internet menggunakan media sosial sebagai sumber berita utama
mereka di Indonesia, Facebook memiliki lebih banyak pengguna yang mengakses
dari telepon genggam pada semua kelompok usia dan aktivitas utama di Facebook
adalah melihat berita atau informasi, terhitung 52,9% dari total pengguna
Facebook. Facebook adalah media sosial nomor 1 untuk berbagi konten di
Indonesia. Kepercayaan pada media sosial terhadap perkembangan berita dan
informasi telah menjadi revolusi penyebaran konten dan mendorong lebih banyak
pembuat konten untuk membagikan karya mereka di media sosial, yang juga
membantu pembuat konten independen untuk dapat dikenal. (Sumber : Data from Fleishmanhillard.com)
Tapi kembali lagi kepada individu masing masing, kita harus benar benar
bijak dalam menyikapi perkembangan teknologi yang semakin berkembang tiap
harinya, dunia digital memang merupakan industri kreatif bagaimana tidak di
dunia ini banyak konten digital yang lahir dari profesi pekerjaan yang kreatif
sebut saja ada graphic design, social
media specialist, content writer, digital marketing, SEO specialist, web developer dan masih banyak lagi,
tentu saja lapangan pekerjaan ini sangat menjanjikan. Bagaimanapun teknologi
berkembang nantinya kita harus bisa tetap menjadi penonton maupun pelaku yang
berbudi push dari konten dunia digital yang sangat besar akan menjadi bom waktu
yang suatu saat akan bisa meledak kapan saja tergantung dari penggunaannya.

Komentar
Posting Komentar